Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Keindahan Pasir Putih Lembah Baliem, Wamena

admin Thursday, 14 Dec 2017 | 14:05 WIB 0 25 Views
Keindahan Pasir Putih Lembah Baliem, Wamena

PEMUDAFM.COM, Radio Online Indonesia – Indonesia bagian timur memang selalu memiliki magnet tersendiri untuk datang ke sana. Pegunungan yang menjulang tinggi, pulau-pulau yang cantik, serta daratan yang hijau menjadi ciri khas Pulau Papua. Ada sebuah tempat di salah satu pulau terbesar di Indonesia ini yang begitu unik dan eksotis, Lembah Baliem namanya. Lokasi lembah ini berada di Kabupaten Jayawijaya tepatnya di Wamena.

Di Lembah Baliem ini ada sebuah kondisi geografis alam Papua yang unik, karena ada sebuah spot pasir putih yang warna, tekstur, dan rasa pasir yang tidak ada bedanya dengan pasir di pantai. Padahal, pasir putih ini berada di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut di sebuah perbukitan bebatuan hitam yang sekelilingnya terdapat rerumputan hijau dan disekitaran pasir putih tidak terdapat sumber atau mata air yang menghasilkan garam.

Menurut warga setempat, Pada jaman dahulu di tahun 1813 terjadi sebuah gempa dahsyat yang menyebabkan pergeseran lempeng bumi dan perubahan geologi. Setelah berubah, maka air danau tersebut surut dan membentuk sungai yang kini menjadi sungai Baliem. Sejak saat itu, danau Wio pun berubah menjadi Lembah Baliem. Dan hamparan pasir putih tersebut diperkirakan sebagai peninggalan dari danau tersebut.

Hal ini membuat Lembah Baliem merupakan salah satu fenomena alam yang unik di tanah Papua karena pasir putih tersebut. Dan ini adalah kekayaan alam dari Tuhan yang patut disyukuri karena pasir putih adalah sebuah karya Tuhan berupa kekayaan alam yang sangat layak untuk dijaga dan berpotensi menjadi objek wisata menarik di Papua. (Fariz)

Berikan Komentar: