Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Danau Ninivala: Fenomena Danau Aneh di Maluku

admin Wednesday, 8 Feb 2017 | 12:20 WIB 0 322 Views


PEMUDAFM.COM, Radionya anak muda – Mencicipi nunasa tenang pesona wilayah Maluku tak melulu hopping island, salah satu keajaiban alam yang masih jarang terjamah adalah Danau Ninivala. Bahkan, Tersembunyi dari dunia, anak muda bisa merasakan suasana eksklusif menikmati panorama Ninivala. Danau Ninivala berada di Desa Piliana yang merupakan Negeri Adat orang-orang Wemale di pedalaman Seram Utara, berjarak 2 km dari Negeri Hatu di Kecamatan Tehoru.

Tak sekedar danau dengan air biru nan bening, kalian pun bisa menemukan permukaan air yang bergelembung dan mengeluarkan asap setiap hari. mempunyai sumber air bawah tanah menyebabkan danau yang tepatnya berada di Desa Piliana ini mengeluarkan bentuk gelembung pada airnya. Juga, embun air dari percikan yang bertemu panas pada akhirnya berbentuk seperti asap.

Fenomena alam di Pulau Seram ini mungkin salah satu yang paling aneh di dunia. Walaupun danau ninivala airnya terlihat seperti mendidih mengeluarkan gelembung dan menghasikan asap. Akan tetapi airnya tidak panas bahkan anak muda bisa mandi dan berenang di dalamnya. Airnya segar cenderung dingin seperti es. Usut punya usut gelembung yang keluar itu terjadi karena air keluar langsung dari pori-pori tanah sedangkan asap berasal dari embun air yang muncrat keluar dari tanah dan bertemu dengan panas hawa bumi di luar.

Bukan Indonesia namanya kalau tak menyertai satu wilayah cantik tanpa mitos, begitu pun di danau Ninivala. Berada tepat di tengah danau, terdapat dua pohon yang berdiri dengan tegak. Masyarakat lokal percaya kalau ada yang berenang sambil memikirkan orang terkasih, maka keduanya akan berjodoh. Kalaupun tidak, maka orang tersebut akan tetap mendapat jodoh dalam waktu dekat.

Untuk mencapai Danau Ninivala hanya bisa dilalui dengan jalur darat dan laut. Dari ambon harus menuju ke Masohi dengan menggunakan kapal cepat dengan waktu sekitar 3 jam. Selanjutkan perjalanan dilanjutkan ke Tehoru dengan menggunakan mobil selama 3 jam. Dari Tehoru harus menyebrang ke Desa Yaputih di Teluk Telutih menggunakan perahu ketinting. Selanjutnya untuk mencapai Desa Piliana bisa melalui Desa Yaputih dengan melewati jalur setapak dengan lama perjalanan 3 jam.

Selanjutnya harus ke Desa Kelian, untuk mencapai desa ini kalian harus menyebrangi sungai yang sangat lebar, bila terjadinya hujan airnya akan meluap sehingga akses jalan tidak bisa dilewati.Setelah sampai di Desa Piliana maka harus meminta izin terlebih dahulu pada tokoh masyarakat setempat, selanjutnya untuk mencapai Danau Ninivala maka harus melewati jalur setapak yang beberapa sungai arusnya sangat deras.

Sebenarnya Danau Ninivala cukup menarik untuk dikunjungi selama plesiran di Pulau Seram. Karena untuk masuk ke danau ini tidak dipungut biaya sama sekali. Pengunjung pun hanya perlu menjaga kebersihan danau ini. Tetapi hanya saja jalur menuju ke tempat ini belum dibangun jadi perlu usaha ekstra untuk mengunjunginya. Ini pula yang menyebabkan banyak potensi wisata di Pulau Seram belum tersentuh, yuk segera berkunjung ke Danau Ninivala. (Fariz)

line at radio pemuda fm

Berikan Komentar: