Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Air Terjun Madarikapura: Legenda dan Keindahan Jadi Satu

admin Tuesday, 13 Dec 2016 | 13:43 WIB 2 353 Views

madakaripura-waterfall-east-java-indonesia

PEMUDAFM.COM, Radionya anak muda – Air terjun madakaripura, mungkin terdengar masih sangat awam bagi anak muda. Tapi bagi warga malang dan sekitarnya air terjun ini sudah terkenal akan keindahannya dan juga cerita legenda dibalik airterjun madakaripura. Air terjun Madakaripura masih di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, berada di desa Sapih, kecamatan Lombang kabupaten Probolinggo.

Menurut sumber terlulis kuno Jawa di abad 14, Negarakertagama, Madakaripura adalah sebidang tanah yang diberikan oleh Raja Majapahit, Hayam Wuruk untuk Gajah Mada . Gajah Mada sendiri adalah sosok pejabat yang menyandang gelar patih dalam sejarah kerajaan besar di Nusantara, yaitu Majapahit (1293-1500 SM). Gajah Mada disebut-sebut sebagai tokoh utama yang berhasil mempersatukan seluruh Nusantara (Nuswantara) di bawah kerajaan Majapahit. Cakupan wilayah kekuasaan Majapahit yang berjaya meliputi wilayah Singapura, Malaysia, Brunei, Thailand Selatan, Filipina dan Timor Timur; diperkuat dengan sumpah sang patih yang terkenal, yaitu Sumpah Palapa.

Konon, sumber kekuatan sang patih yang luar biasa berasal dari dalam gua di dekat Air Terjun Madakaripura. Di sana Gajah Mada sering datang untuk bermeditasi. Patih Gajah Mada bahkan memilih gua tersebut sebagai tempat meditasi terakhirnya sebelum ia diyakini oleh orang Jawa kuno mencapai moksa atau menghilang secara spiritual dan fisik dari muka bumi. Berdasarkan kepercayaan ini, masih banyak orang yang datang ke air terjun ini untuk bermeditasi atau melakukan ritual, terutama pada malam 1 Suro, Tahun Baru Jawa.

Di luar warisan sejarah legenda yang melekat di kawasan Air Terjun Madakaripura, ada pesona alam yang tidak tertandingi keindahannya. Air terjun yang menjulang tinggi ini dijuluki air terjun abadi karena tidak pernah berhenti mencurahkan tirai air halus serupa curahan hujan bagi orang-orang yang dapat melintas di bawahnya. Air Terjun Madakaripura tercatat sebagai air terjun tertinggi kedua di Indonesia.

Lokasi air terjun spektakuler ini tersembunyi di ujung lembah yang dalam di kaki bukit Pegunungan Tengger. Untuk sampai ke air terjun ini, hanya perlu berjalan sekira 20 menit menyeberangi sungai dan jalan berbatu sebelum sampai di pintu masuk. Akan tetapi, suguhan pemandangan yang hijau indah di sepanjang jalan adalah hiburan tersendiri yang dapat mengobati rasa lelah. Patung besar Patih Majapahit, Gajah Mada dalam posisi duduk meditasi akan menyapa setiap pengunjung sebelum mereka melanjutkan perjalanan lebih jauh ke pusat air terjun.

Suara gemersik air yang jatuh dari ketinggian sekitar puluhan meter diiringi nyanyian burung burung meneduhkan hati serta menyegarkan pikiran dari hiruk pikuknya perkotaan. Tunggu apa lagi ayo ke air terjun madakaripura. (Fariz)

Foto: Pesonabromo

line at radio pemuda fm

2 Komentar »

  1. kaos polo Friday, 16 Dec 2016 | 6:36 WIB at 6:36 WIB - Reply

    macam surga aja gambarnya, keren gan! hidden paradise ne…, mudah2an dapat kesempatan buat kesini

    • admin Friday, 16 Dec 2016 | 15:47 WIB at 15:47 WIB - Reply

      Mantap mas, jangan lupa cerita ya mas kalo beneran kesana 😀

Berikan Komentar: