Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

4 Keistimewaan Danau Matano di Sulawesi Selatan

admin Wednesday, 7 Feb 2018 | 10:35 WIB 0 19 Views
4 Keistimewaan Danau Matano di Sulawesi Selatan

PEMUDAFM.COM, Radio Online Indonesia – Destinasi danau di Indonesia sangatlah beragam. Indonesia mempunyai Danau Toba yang sangat luas di Sumatera Utara, Danau Kakaban dengan keunikan ubur-uburnya, Danau Poso dengan pasir putihnya yang bersih dan masih ada satu lagi danau di Indonesia yang unik, tepatnya di Propinsi Sulawesi Selatan. Danau Matano namanya.

Danau Matano merupakan salah satu danau dari 3 danau yang ada di tempat tersebut. Selain pesona alamnya yang sangat indah, ada beberapa keistimewaan lain yang dimiliki Danau Matano. Berikut ini keistimewaan dari Danau Matano:

1. Terdalam di Indonesia dan Terdalam ke-8 di Dunia

Foto: Kesiniaja.com

Dari banyaknya danau yang tersebar di Indonesia. Danau Matano lah merupakan danau terdalam di Tanah Air. Danau ini bahkan yang terdalam di Asia Tenggara dengan kedalaman mencapai 590 meter. Selain memiliki kedalaman yang tidak dapat disaingi oleh danau lain di Indonesia, danau ini juga tercatat sebagai danau terdalam ke-8 di dunia.
Bahkan Permukaan air danau berada pada ketinggian 382 meter di atas permukaan laut. Dengan kedalaman tersebut, maka Danau Matano dapat dikatakan dengan istilah cryptodepression. Danau dengan kategori cryptodepression ini membuat Danau Matani sejajar dengan danau lain yang ada di dunia seperti Danau laut Mati di Lembah Jordan, Mesir dan Death Balley di Amerika Serikat.

2. Tempat Tinggal Ikan Terlangka di Dunia

Foto: Gocelebes.com

Tidak hanya keindahan alam dan kesegaran udaranya saja yang memanjakan mata, tapi danau ini merupakan rumah bagi ratusan spesies endemik seperti udang, kepiting, siput dan berbagai ikan.
Salah satunya adalah ikan Buttini. Ikan Buttini merupakan spesies endemik yang tergolong langka di dunia dan juga merupakan salah satu hewan purba yang masih hidup sampai sekarang. Namun sayang keberadaan ikan langka ini terancam punah karena beberapa faktor, yaitu dengan masih adanya penduduk sekitar yang memburu ikan langka ini, pembudidayaan ikan “asing” seperti mas, mujair, nila, dan louhan yang memakan telur-telur ikan Buttini, serta munculnya rumah-rumah disekitar Danau Matano yang membuat danau ini menjadi tercemar.

3. Salah Satu Danau Purba di Dunia

Foto: wikipedia.org

Danau Matano termasuk dalam 10 danau purba yang ada di seluruh dunia. Selain danau Matano, ada juga Danau Poso, Danau Biwa, Danau Baikal, Danau Kaspia, Danau Tanganyika, Danau Victoria, Danau Malawi, Danau Ohrid dan Danau Titicaca sebagai danau purba di dunia.
Menurut beberapa pakar geologis yang pernah menelitik karakteristik endapan Danau Matona, Danau Matona terbentuk dari aktivitas tektonik yang diperkirakan sejak zaman Pleosen atau sekitar 1-4 juta tahun yang lalu. Oleh karena itu tidak heran jika di dalam danau ini terdapat ikan Buttini yang juga merupakan salah satu hewan purba yang masih bertahan hingga sekarang.

4. Memiliki 2 Suhu

Foto: rri.co.id

Dana Matano yang bersifat Isothermal, membuat perbedaan suhu antara permukaan dan dasar danau kurang dari 2 derajat celsius. Dengan sifat tersebut suhu air akan bertambah 1 derajat celsius lebih hangat setiap kedalaman 100 meter. 

Nah itu dia Anak Muda tentang beberapa keistimewaan Danau Matano, danau terdalam di Indonesia yang masih jarang diketahui oleh banyak orang. (Fariz)

Berikan Komentar: