Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Inilah 3 Tempat Bersejarah Lahirnya Sumpah Pemuda Yang Perlu Kalian Ketahui

admin Saturday, 28 Oct 2017 | 14:49 WIB 0 55 Views
Inilah 3 Tempat Bersejarah Lahirnya Sumpah Pemuda Yang Perlu Kalian Ketahui

PEMUDAFM.COM, Radio Online Indonesia – Sumpah Pemuda adalah tonggak pergerakan perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia kala masa penjajahan Belanda. Pada 28 Oktober 1928, para Pemuda Indonesia pun mengikrarkan sumpah di hadapan tentara Belanda saat itu.

Sesuai namanya, Sumpah Pemuda dirumusin oleh para pemuda Indonesia. Mereka sadar bahwa membangun Indonesia tidak bisa sendiri-sendiri tapi harus bersatu padu dalam mewujudkan semangat nasionalisme. Para pemuda ini kemudian menjadikan Sumpah Pemuda sebagai dasar untuk membangkitkan rasa nasionalisme. Nah dalam merumuskan Sumpah Pemuda ini pula, para pemuda meyakini bahwa untuk dapat merdeka, maka sudah tak lagi bisa berjuang sendiri, melainkan bersama-sama.

Dibilaik semua proses kongres sumpah pemuda, pastinya para Pemuda Indonesia butuh tempat berkumpul untuk menampung para Pemuda yang terlibat dalam proses perumusan dan kongres Sumpah Pemuda. Maka dari itu kita sebagai Anak Muda tidak boleh melupakan tempat sejarah yang dijadikan para pemuda sebagai lokasi berkumpul dan berdiskusi untuk kemerdekaan RI.

1. Gereja Katedral

Jikalau anak muda pernah mengunjung Gereja Katerdal, kalian pastia akan menemukan sebuah penanda yang menunjukkan bahwa pada salah satu ruang pertemuan Katedral Jakarta yang pernah dijadikan sebagai tempat pertemuan pertama kali atau rapat persiapan para pemuda-pemudi Indonesia sebelum mencetuskan Sumpah Pemuda. Gereja ini digunakan sebagai tempat rapat pertama yang dilaksanakan pada 27 Oktober 1927. Di mana pemimpin Rapat Sugondo Djojopuspito menjadikan aula gereja sebagai tempat berkumpul. Namun, rapat itu tidak menemukan kesepakatan sehingga dilanjutkan hari esoknya.

2. Gedung Kimia Farma Diagnosis

Gedung tua yang berada di Jalan Budi Utomo ini memiliki pilar-pilas khas arsitektur Belanda. Dan ternyata gedung ini sudah banyak menghadirkan cerita sejarah yang menarik. Pada 28 Oktober 1927, para pemuda pindah ke gedung Oost-Java Bioscop yang kini diambil alih oleh Kimia Farma. Di sinilah mereka membuat kongres sumpah pemuda I dengan membahas permasalahan pendidikan.

3. Museum Sumpah Pemuda


Di sinilah, rapat terakhir dilaksanakan tepatnya pada 28 Oktober 1928. Rapat ini menghasilkan gerakan yang luar biasa bagi pelajar di Tanah Air kala itu. Di sinilah bahasa Indonesia dan nama Indonesia mulai disebarkan dan berlakukan.
Gedung bangunan ini adalah milik dari seorang Tionghoa yang bernama Sie Kong Liong. Yang disewakan dengan lima kamar utama dan dua ruangan berkumpul. Rumah ini dinamakan Indonesische Clubgebouw (IC), di mana dulu para pelajar banyak yang berkumpul di sini.

Jadi itulah 3 tempat bersejarah dari lahirnya sumpah pemuda yang merupakan satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan bangsa kita. Ikrar atau janji atau sumpah ini dianggep sebagai kristalisasi semangat buat menegaskan cita-cita berdirinya negara kita tercinta, Indonesia. Maka kita sebagai anak muda jangan sampai melupakan semangat perjuangan para pemuda terdahulu dalam membangun bangsa. Selamat Hari Sumpah Pemuda Anak Muda. (Fariz)

Berikan Komentar: